SILABUS INTEGRASI
Sekolah : SMA N 1 Mojo
Kelas :
X
Mata Pelajaran : PLH - Fisika
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 11. Memahami hubungan antara
perubahan kondisi atmosfer Bumi dan gejala pemanasan global, serta dampak yang
ditimbulkan dan strategi penanggulangannya
Kompetensi
Dasar
|
Integrasi
Mapel
|
KD
Mata Pelajaran
|
Indikator
|
Materi Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
11.3 Mendes-kripsikan jenis-jenis dan sumber
gas-gas rumah kaca serta perannya dalam peristiwa efek rumah kaca
|
Fisika
|
4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
|
Menganalisis
perpindahan kalor dengan cara radiasi
|
Perpindahan Kalor
|
- Mengukur
suhu di ruangan bebas
- Mengukur
suhu di dalam rumah kaca
- Membandingkan
suhu kegiatan 1 dan 2
- Menghitung
energi radiasi rumah kaca
|
- Psikomotor/Praktikum
|
2x45’
|
- Buku
Paket Fisika Kls X
- LKS
- Internet
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/
Semester : X/2
Alokasi
waktu : 2x 45 ’
Standar Kompetensi : Menerapkan
konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi
Standar
Kompetensi (PLH) : Memahami hubungan antara
perubahan kondisi atmosfer Bumi dan gejala
pemanasan global, serta dampak yang ditimbulkan dan strategi
penanggulangannya.
Kompetensi Dasar : Menganalisis cara perpindahan kalor
Kompetensi Dasar (PLH) : Mendiskripsikan jenis jenis dan sumber gas-gas rumah kaca
serta perannya dalam peristiwa efek rumah kaca
Tujuan
1.
Menganalisis
perpindahan kalor dengan cara konduksi
2.
Menganalisis
perpindahan kalor dengan cara konveksi
3.
Menganalisis
perpindahan kalor dengan cara radiasi
Indikator pembelajaran:
Setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat:
1.
Mendiskripsikan perpindahan
kalor dengan cara konduksi
2.
Mendiskripsikan
perpindahan kalor dengan cara konveksi
3.
Mendiskripsikan
perpindahan kalor dengan cara radiasi
4.
Menjelaskan perbedaan konduksi, konveksi, dan radiasi kalor serta
penerapannya dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
5.
Mendiskripsikan Efek rumah kaca dan
mampu mengatasi permasalahan efek rumah kaca dalam kehidupan nyata
Materi
Ajar (Materi Pokok) : Perpindahan
Kalor
·
Konduksi
·
Konveksi
·
Radiasi
Metode
Pembelajaran:
1.
Metode
Eksperimen
2.
Tanya
jawab (diskusi)
3.
Penugasan
4.
Ceramah
Langkah-langkah Pembelajaran:
A. Kegiatan awal (5 menit)
Memotivasi
dengan mengajukan permasalahan “Apa penyebab efek dari rumah kaca”?, Sebutkan
dan jelaskan cara perpindahan kalor!
B. Kegiatan Inti (80 menit)
1. Membagi siswa menjadi 6
kelompok
2. Membagikan LKS, setiap kelompok
mengerjakan LKS di luar ruangan
3. Membimbing dan mengarahkan
siswa dalam mengerjakan LKS
4. Membimbing dan mengarahkan siswa
dalam kegiatan LKS
5. Setiap kelompok diminta untuk
mempresentasikan
6. Guru membimbing menyimpulkan hasil percobaan
C. Kegiatan penutup (5 menit)
Membimbing
dan mengarahkan dalam mengambil kesimpulan serta penguatan dari hasil diskusi
Alat/
bahan dan Sumber:
Alat
dan bahan: pemanas, bejana, zat cair,
manik-manik berwarna, media presentasi
Sumber: buku Fisika, CD pembelajaran, LKS, internet)
Penilaian:
Penilaian dilakukan secara
individu atau kelompok yang meliputi penilaian penilaian kinerja (performamce
assessment) pada saat kegiatan berlangsung, tes tertulis, dan penugasan
(proyek).
a. Penilaian Kinerja
Nilai diperoleh dari hasil
pengamatan guru terhadap kinerja kelompok selama proses pembelajaran
berlangsung yaitu pada saat melakukan percobaan. Unsur-unsur yang dinilai
meliputi:
No.
|
Aspek Penilaian
|
Nama Kelompok
|
||||||
Kel. A
|
Kel. B
|
Kel. C
|
Kel. D
|
……
|
….
|
…..
|
||
1.
|
Merancang alat
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menyusun Hipotesis
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menetapkan Variabel yang
tetap dan yang dikendalikan
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Menetapkan alat dan bahan
yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menentukan langkah-langkah
kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ketelitian mengukur
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Menyimpulkan hasil percobaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Total
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor adalah 1 sampai 4 dimana:
5 = sangat baik; 4 = baik; 3 =
Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
Nilai
yang diperoleh adalah: : N = x 10
b. Aspek Sikap Ilmiah
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor setiap kelompok
|
||||
Sangat Baik (5)
|
Baik (4)
|
Cukup (3)
|
Kurang (2)
|
Sangat Kurang (1)
|
||
1.
|
Kesungguhan dalam melakukan kegiatan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kejujuran dalam mengungkap fakta
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketelitian dalam bekerja
|
|
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan waktu secara efektif
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kerja sama
|
|
|
|
|
|
6.
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
7
|
Memperhatikan keselamatan kerja
|
|
|
|
|
|
Catatan: Berikan
tanda Ö untuk setiap penampilan dari
setiap tindakan yang dilakukan kelompok
. Nilai: N = x 10
Mojo, januari 2013
Kepala SMA Negeri 1 Mojo Guru
Fisika
Drs.Aris Susanto Wakhid Pramono. S.
Pd
NIP. NIP 196104021987111001 NIP. 19770704 200801 1 018
LEMBAR KERJA SISWA
Judul : Perpindahan Kalor
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester :
X
/ 2
Waktu :
2
x 45 menit
Tempat :
Lab. Fisika/di luar Lab
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan
cara perpindahan kalor
Tujuan : a. Mendiskripsikan efek rumah kaca.
b. Menghitung energi radiasi efek rumah kaca
Informasi :
1. Radiasi adalah perpindahan
kalor tampa memerlukan zat perantara
2. Intensitas radiasi kalor dirumuskan :
I
= e. s. T4 Watt /m2.
3. Laju radiasi kalor atau Daya
radiasi kalor yang dipanaskan oleh seluruh permukaan seluas A dituliskan :
P = e. s. A.T4 . Watt
4. Besar energi radiasi selama t waktu
dirumuskan :
W
= e. s. T4. A. t joule
Rumusan masalah
Apakah efek
rumah kaca meningkatkan suhu permukaan bumi?
Hipotesis
Rumuskan suatu hipotesis untuk menjawab permasalahan
diatas dan dapat diuji menggunakan alat dan bahan di bawah ini.
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………….
Alat dan Bahan :
- botol aqua bekas - Stopwach
- Termometer -
Tanaman
- Cahaya
Matahari - plastik
- gunting - sulasi
-
tanah
Prosedur
- Merumuskan Variabel eksperimen
Rumuskan
variabel untuk menguji hipotesamu
Manipulasi
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Variabel
respon
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Variable
control
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Melaksanakan eksperimen
- Siapkan alat tiga botol aqua bekas(1.5 L),potong bagian atas kira-kira 2cm dari leher botol
- Isi botol dengan tanah yang sejenis dan sama banyak ( sebagai bumi)
- Botol I dibiarkan terbuka,botol II ditutup dengan plastik (sebagai zat efek rumah kaca),,dan botol III ditanami dan ditutup plastik
- Ukur suhu kondisi ruang tiga botol tersebut ( t1 )
- Ketiga botol dijemur dibawah sinar matahari kira-kira 15-20 menit
- Ukur lagi suhu kondisi ruang tiga botol tersebut ( t2 )
DATA PENGAMATAN
No
|
Suhu
ruang botol I
(0C)
|
Suhu
ruang botol II (0C)
|
Suhu
ruang botol III (0C)
|
Keterangan
|
t1
|
|
|
|
|
t2
|
|
|
|
|
Δt
|
|
|
|
|
waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Bagaimana suhu ruang botol II jika dibandingkan botol I? -------------------------------------------------------------Mengapa hal tersebut terjadi? -------------------------------------------------------------------------------------------------
- Bagaimana suhu ruang botol III jika dibandingkan botol II ? ----------------------------------------------------------Mengapa hal tersebut terjadi? -------------------------------------------------------------------------------------------------
- Sebutkan zat efek rumah kaca yang anda ketahui
- Apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi efek rumah kaca?
- Hitung energy radiasi pada botol II,jika harga e=1
Botol I Botol II botol III
Tidak ada komentar:
Posting Komentar