Rabu, 04 September 2013



SILABUS INTEGRASI
Sekolah                                    :  SMA N 1 Mojo
Kelas                                       :  X
Mata Pelajaran                         :  PLH - Fisika
Semester                                  : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                 : 11. Memahami hubungan antara perubahan kondisi atmosfer Bumi dan gejala pemanasan global, serta dampak yang ditimbulkan dan strategi penanggulangannya


Kompetensi Dasar
Integrasi Mapel
KD  Mata Pelajaran
Indikator
Materi  Pelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
11.3  Mendes-kripsikan jenis-jenis dan sumber gas-gas rumah kaca serta perannya dalam peristiwa efek rumah kaca










Fisika
4.2   Menganalisis cara perpindahan kalor
Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi




















Perpindahan Kalor
-       Mengukur suhu di ruangan bebas
-       Mengukur suhu di dalam rumah kaca
-       Membandingkan suhu kegiatan 1 dan 2
-       Menghitung energi radiasi rumah kaca
-    Psikomotor/Praktikum
2x45’
-    Buku Paket Fisika Kls X
-    LKS
-    Internet


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran                                    :  Fisika
Kelas/ Semester                                  :  X/2
Alokasi waktu                                       :   2x 45 ’
Standar Kompetensi                           :   Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai  perubahan energi
Standar Kompetensi  (PLH)         :    Memahami hubungan antara perubahan kondisi atmosfer Bumi dan gejala
                                                     pemanasan global, serta dampak yang ditimbulkan dan  strategi
                                                     penanggulangannya.
Kompetensi Dasar                       :    Menganalisis cara perpindahan kalor
Kompetensi Dasar (PLH)             :     Mendiskripsikan  jenis jenis dan sumber gas-gas rumah kaca serta perannya  dalam peristiwa  efek rumah kaca    
Tujuan
1.         Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi
2.         Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi
3.         Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi

Indikator pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
1.         Mendiskripsikan perpindahan kalor dengan cara konduksi
2.         Mendiskripsikan perpindahan kalor dengan cara konveksi
3.         Mendiskripsikan perpindahan kalor dengan cara radiasi
4.         Menjelaskan perbedaan konduksi, konveksi, dan radiasi kalor serta penerapannya dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
5.         Mendiskripsikan Efek rumah kaca dan mampu mengatasi permasalahan efek rumah kaca dalam kehidupan nyata

Materi Ajar (Materi Pokok) :               Perpindahan Kalor
·         Konduksi
·         Konveksi
·         Radiasi

Metode Pembelajaran:
1.         Metode Eksperimen
2.         Tanya jawab (diskusi)
3.         Penugasan
4.         Ceramah

Langkah-langkah  Pembelajaran:
A.      Kegiatan awal (5 menit)
Memotivasi dengan mengajukan permasalahan “Apa penyebab efek dari rumah kaca”?, Sebutkan dan jelaskan cara perpindahan kalor!
B.      Kegiatan Inti (80 menit)
1.      Membagi siswa menjadi 6 kelompok
2.      Membagikan LKS, setiap kelompok mengerjakan LKS di luar ruangan
3.      Membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS
4.      Membimbing dan mengarahkan siswa dalam kegiatan LKS
5.      Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan
6.      Guru membimbing menyimpulkan hasil  percobaan
C.      Kegiatan penutup (5 menit)
Membimbing dan mengarahkan dalam mengambil kesimpulan serta penguatan dari hasil diskusi

Alat/ bahan dan Sumber:
Alat dan bahan:  pemanas, bejana, zat cair, manik-manik berwarna, media presentasi
Sumber:  buku Fisika, CD pembelajaran, LKS,  internet)
Penilaian:
Penilaian dilakukan secara individu atau kelompok yang meliputi penilaian penilaian kinerja (performamce assessment) pada saat kegiatan berlangsung, tes tertulis, dan penugasan (proyek).

a. Penilaian Kinerja

Nilai diperoleh dari hasil pengamatan guru terhadap kinerja kelompok selama proses pembelajaran berlangsung yaitu pada saat melakukan percobaan. Unsur-unsur yang dinilai meliputi:

No.
Aspek Penilaian
Nama Kelompok
Kel. A
Kel. B
Kel. C
Kel. D
……
….
…..
1.
Merancang alat







2.
Menyusun Hipotesis







3.
Menetapkan Variabel yang tetap dan yang dikendalikan







4.
Menetapkan alat dan bahan yang sesuai







5.
Menentukan langkah-langkah kerja







6.
Ketelitian mengukur







7.
Menyimpulkan hasil percobaan








Skor Total








Skor adalah 1 sampai 4 dimana:
5 = sangat baik; 4 = baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
Nilai yang diperoleh adalah: :      N  =   x  10




 b. Aspek Sikap Ilmiah
No.
Aspek Penilaian
Skor setiap kelompok
Sangat Baik (5)
Baik (4)
Cukup (3)
Kurang (2)
Sangat Kurang (1)
1.
Kesungguhan dalam melakukan kegiatan





2.
Kejujuran dalam mengungkap fakta





3.
Ketelitian dalam bekerja





4.
Penggunaan waktu secara efektif





5.
Kerja sama





6.
Tanggung Jawab





7
Memperhatikan keselamatan kerja





                   Catatan:              Berikan tanda Ö untuk setiap penampilan dari setiap tindakan yang dilakukan kelompok
                   .     Nilai:      N  =   x  10
Mojo,  januari 2013
Kepala SMA Negeri 1 Mojo                                                       Guru Fisika


                Drs.Aris Susanto                                                                    Wakhid Pramono. S. Pd
              NIP. NIP 196104021987111001                                             NIP. 19770704 200801 1 018
                                                                               









LEMBAR KERJA SISWA


Judul                                     :  Perpindahan Kalor
 Mata Pelajaran                  :  Fisika
 Kelas/Semester                                :  X  /  2
 Waktu                                  :  2  x  45  menit
 Tempat                                                :  Lab. Fisika/di luar Lab
 Kompetensi Dasar          :  Mendiskripsikan cara perpindahan kalor
Tujuan                                  : a.  Mendiskripsikan  efek rumah kaca.
                                              b. Menghitung energi radiasi efek rumah kaca
Informasi                             :
1.       Radiasi adalah perpindahan kalor tampa memerlukan zat perantara
2.       Intensitas  radiasi kalor dirumuskan :
I = e. s. T4 Watt /m2.
3.       Laju radiasi kalor atau Daya radiasi kalor yang dipanaskan oleh seluruh permukaan seluas A dituliskan :
P  =   e. s. A.T4 .  Watt
4.       Besar energi radiasi selama t waktu dirumuskan :
W =  e. s. T4. A. t  joule
Rumusan masalah
Apakah  efek rumah kaca meningkatkan suhu permukaan bumi?
Hipotesis
Rumuskan suatu hipotesis untuk menjawab permasalahan diatas dan dapat diuji menggunakan alat dan bahan di bawah ini.
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………….
 Alat dan Bahan   :
-  botol aqua bekas                        -  Stopwach
-  Termometer                                 - Tanaman
                   -  Cahaya Matahari                        -  plastik
                   -   gunting                                   -  sulasi 
                     -  tanah



 Prosedur
  1. Merumuskan Variabel eksperimen
Rumuskan variabel untuk menguji hipotesamu
Manipulasi
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Variabel respon
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Variable control
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  1. Melaksanakan eksperimen
  1. Siapkan alat tiga botol aqua bekas(1.5 L),potong bagian atas  kira-kira 2cm dari leher botol
  2. Isi botol dengan tanah yang sejenis  dan sama banyak ( sebagai bumi)
  3. Botol I dibiarkan terbuka,botol II ditutup dengan plastik (sebagai zat efek rumah kaca),,dan botol III ditanami dan ditutup plastik
  4. Ukur suhu kondisi ruang tiga botol tersebut ( t1 )
  5.  Ketiga botol dijemur dibawah sinar matahari kira-kira 15-20 menit
  6. Ukur lagi suhu kondisi ruang tiga botol tersebut  ( t2 )

          DATA PENGAMATAN
No
Suhu ruang botol I
 (0C)
Suhu ruang botol II (0C)
Suhu ruang botol III (0C)
Keterangan
t1




t2




Δt




waktu









    
  1. Bagaimana suhu ruang botol II jika dibandingkan botol I?  -------------------------------------------------------------Mengapa hal tersebut terjadi? -------------------------------------------------------------------------------------------------
  2. Bagaimana suhu ruang botol III jika dibandingkan botol II ?  ----------------------------------------------------------Mengapa hal tersebut terjadi? -------------------------------------------------------------------------------------------------
  3. Sebutkan zat efek rumah kaca yang anda ketahui
  4. Apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi efek rumah kaca?
  5. Hitung energy radiasi pada botol II,jika harga e=1
                                                                                         Botol  I                          Botol II                botol III

Tidak ada komentar:

Posting Komentar